AS-Meksiko Sepakati Perjanjian Dagang Baru, Wall Street Hijau

Harga saham-saham di pasar saham Amerika Serikat (AS), Wall Street melonjak pada perdagangan Senin (27/8/2018) waktu setempat seiring adanya kesepakatan AS dan Meksiko mengenai perjanjian perdagangan baru. Indeks S&P 500 pada penutupan perdagangan meningkat 0,8 persen menjadi 2.896,74, dengan sektor finansial dan material menjadi saham-saham dengan kinerja terbaik.

Adapun indeks Nasdaq Composite juga ditutup naik sebesar 0,9 persen sekaligus mencetak rekor tertinggi sepanjang waktu, menembus angka 8.000 untuk pertama kalinya seiring dengan peningkatan Facebook, Amazon, Netflix, dan Alphabet menjadi 8.017,90. Sementara itu, Dow Jones Industrial Avarage melonjak sebesar 259,29 poin emnjadi 26,049,64 seiring dengan performa saham Caterpillar.

Perdagangan Senin ini juga merupakan rekor Dow Jones tembus di atas 26.000 sejak Februari lalu. Kesepakatan baru AS-Meksiko menyingkirkan faktor ketidakpastian yang telah membayangi investor dalam beberapa bulan belakangan. “Belakangan ini, pasar telah dihadapkan pada berbagai goncangan, dan yang terbesar adalah perdagangan.

Jika Anda mengeluarkan faktor perdagangan, maka Anda akan dihadapkan pada kondisi pasar yang lebih mulus,” ujar chief market strategist dari Art Hoogan B Riley FBR. Saham Caterpillar dan Boeing meningkat masing-masing 2,8 persen dan 1,3 persen. Begitu juga dengan harga saham Ford, General Motors dan Fiat Chrysler.

Mata uang Meksiko, peso juga menguat 0,7 persen terhadap dollar AS. Direktur perdagangan sahamRaymond James Dan McMahon menyatakan, berita positif dari kesepakatan dagangan membuka ruang yang lebih lebar untuk terus “berlari” di pasar. Namun, dia juga menekankan, saham-saham juga diuntungkan dari laju waktu yang lambat di tahun ini. “Tidak ada lagi yang terjadi hari ini,” ujar dia.

Belakangan investor harus berhadapan dengan kekhawatiran terhadap perdagangan dalam beberapa bulan terakhir seiring dengan kebijakan AS yang semakin bersifat proteksionis di bawah pemerintahan Trump. Amerika pun telah memberlakukan tarif atau bea masuk untuk produk-produk yang menguntungkan dollar, untuk produk impor Meksiko serta China, yang juga telah dibalas oleh kedua negara tersebut.

 

 

 

 

Sumber Berita : kompas.com
Sumber foto : Kompas Ekonomi

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *