Indonesia Raih 1 Perak dan 4 Perunggu di Kejuaraan Karate Asia

Tim karate Indonesia berhasil meraih lima medali dalam Kejuaraan Karate Asia (AKF), yang digelar di Amman, Yordania, 13-15 Juli 2018, yakni satu perak dan empat perunggu.

Indonesia mengirim 12 karateka ke kejuaraan 15th Asian Karate Federation (AKF) Seniors Championship tersebut. Mereka bersaing dengan ratusan karateka dari 29 negara di nomor kumite (tarung) dan kata (jurus) untuk perorangan dan beregu.

Indonesia berhasil meraih satu medali perak untuk nomor tarung putri perorangan di bawah 55 kilogram. Medali ini dipersembahkan Cok Istri Agung Sanistya Rani.

Adapun empat medali perunggu masing-masing di nomor jurus putri perorangan oleh Nawar Kautsar Mastura, tarung perorangan putri di bawah 50 kilogram oleh Intan Nurjanah, tarung perorangan putri di bawah 68 kilogram oleh Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung, dan tarung pria di bawah 75 kilogram oleh Sandy Firmansyah.

Kejuaraan yang berlangsung di Prince Hamzah Hall, Sport City, itu dibuka Princess Zeina Rashed, istri sepupu Raja Abdullah II bin Hussein. Sedangkan penutupan dilakukan Prince Hassan bin Talal, paman Raja, yang juga menyerahkan langsung medali kepada para pemenang.

Kejuaraan AKF 2018 merupakan ajang uji coba sebelum Asian Games ke-18 dan penentuan kualifikasi untuk Olympic Games Tokyo pada 2020 mendatang.

Rudy Gunarto, dari Tim Pengawas Pelatnas Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate Indonesia menjelaskan, dalam beberapa pekan terakhir, para atlet timnas karate melakukan serangkaian pelatihan dan pertandingan di beberapa negara.

Beberapa kegiatan timnas karate Indonesia antara lain kegiatan kamp pelatihan di Mesir, kejuaraan karate Asia di Yordania, serta dilanjutkan dengan kamp pelatihan di Ukraina dan Jepang, masing-masing untuk nomor kumite dan kata.

Dengan rangkaian kegiatan itu, para atlet diharapkan dapat mencapai performa puncak untuk tampil maksimal dalam Asian Games 2018 bulan depan.

 

 

sumber berita : tempo.co
sumber foto : Sport – Tempo.co

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *