Penjualan Ritel AS yang Kuat Mengangkat Perkiraan PDB Kuartal Kedua

Penjualan ritel AS naik secara solid pada Juni karena rumah tangga mendorong pembelian mobil dan berbagai barang lainnya, memperkuat ekspektasi untuk pertumbuhan ekonomi yang kuat pada kuartal kedua.

Tanda-tanda penguatan ekonomi, bersama dengan pengetatan pasar tenaga kerja dan penguatan inflasi, kemungkinan akan membuat Federal Reserve di jalur untuk terus menaikkan suku bunga tahun ini.

Ketua Fed Jerome Powell menawarkan penilaian optimis ekonomi Jumat lalu, mengatakan kepada anggota parlemen bahwa “selama semester pertama tahun ini, aktivitas ekonomi secara keseluruhan tampaknya telah berkembang dengan kecepatan yang solid.” Bank sentral AS menaikkan suku bunga pada bulan Juni untuk kedua kalinya tahun ini dan memperkirakan dua kenaikan suku bunga pada akhir 2018.

“Ini menempatkan ekonomi dalam posisi yang sangat, sangat baik karena memulai tahun ke-10 gerakan ke depan pada bulan Juli,” kata Chris Rupkey, kepala ekonom di MUFG di New York. “Penguatan ekonomi ini memberi Federal Reserve lampu hijau untuk menaikkan suku untuk ketiga kalinya tahun ini pada pertemuan September mereka.”

Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Senin penjualan ritel meningkat 0,5 persen bulan lalu. Data untuk Mei direvisi untuk menunjukkan penjualan naik 1,3 persen, terbesar sejak September 2017, bukannya kenaikan 0,8 persen yang dilaporkan sebelumnya.

Ekonom memperkirakan penjualan ritel naik 0,5 persen pada Juni. Penjualan ritel pada bulan Juni naik 6,6 persen dari tahun lalu.

Tidak termasuk mobil, bensin, bahan bangunan dan layanan makanan, penjualan ritel tidak berubah bulan lalu setelah kenaikan 0,8 persen naik di bulan Mei.

Penjualan ritel inti ini sangat terkait dengan komponen belanja konsumen produk domestik bruto dan sebelumnya dilaporkan naik 0,5 persen pada bulan Mei.

Mengingat revisi naik ke data bulan Mei, penjualan ritel inti bulan lalu tidak mengubah pandangan belanja konsumen yang dipercepat pada kuartal kedua.

Belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua pertiga aktivitas ekonomi AS, mengerem pada periode Januari-Maret, tumbuh dengan laju paling lambat dalam hampir lima tahun.

Dolar tergelincir terhadap sejumlah mata uang. Saham di Wall Street lebih rendah. Treasury AS jatuh, dengan imbal hasil pada suku bunga dua tahun catatan US2YT = RR naik ke level tertinggi 10 tahun.

 

 

Sumber berita : reuters.com
Sumber foto : KONTAN

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *